Langsung ke konten utama

Begini Cara Menghadirkan Kebun Di Unit Apartemen


Tinggal di apartemen di mana ketersediaan lahan kosong amat minim atau bahkan tidak ada sama sekali membuat sebagian pemilik apartemen Jakarta pusat. Bagi mereka yang gemar berkebun dan hobi menanam serta memelihara tanaman, tinggal di apartemen seharusnya tidak menjadi penghambat untuk menyalurkan hasrat berkebun mereka. Sebab, berkebun kini bisa di mana saja, termasuk berkebun di apartemen. Kamu bisa menanam sayuran, herbal, bunga, atau tanaman buah yang ukurannya kecil dan mudah dalam perawatan, seperti tomat. Ada beberapa cara berkebun di apartemen yang patut dipraktekkan bagi Kamu yang tinggal di apartemen. Tak peduli seberapa kecilnya ukuran apartemen Kamu, tips di bawah ini akan membantu Kamu  mengetahui cara berkebun di apartemen.

Perlengkapan dan bahan yang Kamu perlukan
  • Tanaman yang tak terlalu besar dan tidak tumbuh tinggi
  • Kontainer dan pot
  • Benih
  • Tanah organik
  • Penyiram tanaman
  • Balkon, patio, atau rooftop untuk meletakkan tanaman
  •  Berkebun di balkon apartemen atau patio
Hampir setiap apartemen memiliki balkon atau patio dengan ukuran yang bervariasi. Area ini menyisakan sedikit area outdoor untuk apartemen Kamu, manfaatkan area balkon dan patio apartemen untuk berkebun dan menanam tanaman. Berikut ini langkah demi langkah menanam tanaman di balkon atau patio

Pilih pot atau kontainer
Pilih pot atau kontainer dari bahan plastik yang cukup fleksibel untuk ditanami beragam jenis tanaman. Pastikan di bawah pot terdapat lubang drainase.

Isi kontainer dengan tanah organik
Isi pot atau kontainer yang sudah disediakan dengan tanah organik yang khusus digunakan pada pot tanaman (organic potting soil) sebanganya ¾ volume pot. Tanah organik ini  lebih renggang dan tak sepadat tanah biasa, sehingga memungkinkan akar tanaman untuk lebih mudah berkembang dan ekspansi.

Tambahkan benih pada pot
Tanam benih yang sudah Kamu siapkan ke dalam pot. Pastikan setiap akarnya berada di dalam tanah. Padatkan tanah di sekitar akar guna mengurangi kantung – kantung udara.

Siram secara perlahan
Paska ditanam, siram dengan air secara perlahan dan biarkan air meresap ke tanah dan merembes hingga melewati lubang drainase di bawah pot. Untuk mengatasi air yang menetes dari lubang drainase, Kamu perlu meletakkan pot pada nampan atau wadah, sehingga air tidak akan membasahi sekitar balkon apartemen Jakarta pusat jual. Juga, jangan terlalu sering dan berlebihan dalam mengairi tanaman, terlebih pada tanaman yang masih baru. Terlalu banyak air akan membuat akar tanaman membusuk.

Pastikan tanaman mendapat cahaya matahari langsung
Paska diberi air, Kamu bisa menempatkan tanaman di balkon dengan arah menghadap matahari. Pastikan bahwa tanaman tidak berada di bawah naungan atau penutup yang menghalangi sinar matahari. Namun di saat musim hujan, jika Kamu khawatir tanaman Kamu akan terkena hembusan angin dan curahan air hujan yang berlebihan, Kamu bisa memasukkan ke dalam apartemen atau menempatkkannya di bawah naungan hingga hujan reda.

Pertahankan suhu udara di sekitar tanaman
Pertahankan suhu udara di sekitar ruangan di kisaran 20an derajat celsius atau serupa dengan suhu ruang, yakni 27 derajat celsius.

Desain Landscape Berupa Taman dan Kebun Diatas Apartemen
Jika apartemen Kamu memiliki tipe atap yang datar dan Kamu diperbolehkan untuk mengaksesnya, Kamu mungkin bisa mendapatkan ijin untuk menanam di area ini dengan menggunakan kontainer atau pot tentunya. Namun, pastikan Kamu benar – benar mendapat ijin dari pemilik apartemen. Serta diskusikan dengan pemilik apartemen lain, barang kali ada di antara mereka yang juga ingin berkebun di rooftop tersebut. Pastikan ada penanda atau batas yang jelas antara wilayah menanam Kamu dan wilayah untuk pemilik apartemen lain. Adapun tanaman untuk rooftop apartemen perlakuannya sama dengan tanaman pada balkon atau patio yang sudah dijabarkan diatas.

Karena berada di rooftop, kemungkinan area berkebun akan lebih luas ketimbang berkebun di balkon atau patio. Untuk itu, Kamu bisa mengaplikasikan metode berkebun hidroponik pada apartemen, di mana media tanam yang digunakan adalah air, dan bukannya tanah. Untuk mewujudkan hal ini, sekali lagi Kamu perlu mendiskusikannya dengan pemilik apartemen.

Kebun komunitas pada apartemen
Jika berkebun atau menanam tanaman secara induvidual di tiap apartemen dirasa tidak memungkinkan karena lahan yang begitu sempit, mungkin Kamu bisa mencetuskan ide kebun komunitas yang dikelola oleh seluruh pemilik apartemen pada satu gedung atau kompleks tersebut. Kamu bisa memilih rooftop sebagai tempat ideal untuk berkebun di apartemen. Rooftop ini bisa difungsikan secara swadaya dan bersama – sama seluruh pemilik apartemen yang gemar menanam.

Mereka bebas menempatkan tanaman yang disukai dikebun ini dan merawatnya bersama – sama. Karena merupakan kebun komunitas, maka seluruh perawatan dan hasil berkebun menjadi milik serta tanggung jawab komunitas, dan tidak bisa dimiliki sendiri. Cara ini mungkin baik untuk lebih mengakrabkan seluruh penghuni apartemen Jakarta pusat agar dapat saling mengenal satu sama lain.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ini Dia yang Menjadi Alasan Tas Import Wanita Murah Tetap Menjadi Pilihan

Tas menjadi salah satu pelengkap penampilan seseorang. Umumnya, yang sering menggunakan tas adalah wanita. Di Indonesia sendiri ada beragam jenis tas termasuk tas import wanita. Tas ini ada yang merupakan tas asli atau tas branded yang memiliki harga yang sangat mahal bahkan bisa mencapai milyaran dan ada pula jenis kas KW atau tas replika dari tas branded dan dijual dengan harga yang lebih murah.
Tas import yang murah tersebut bisa diperoleh baik secara online misalnya di toko online ataupun di tempat jual beli tas konvensional bahkan di pasar Anda bisa mendapatkan tas wanita original, import dan lokal kualitas terbaik dengan harga murah. Ada beragam jenis alasan mengapa seseorang memilih untuk tetap membeli tas import KW yang berharga murah tersebut walaupun tidak jarang yang tahu jika tas tersebut merupakan tas KW.
Pertama adalah gengsi. Gengsi yang ada di masyarakat cukup tinggi terutama wanita. Banyak yang menginginkan memiliki suatu barang yang sama atau yang terlihat mahal walaup…

4 Bahan Furnitur Pilihan untuk Teras Rumah

Bersantai di teras rumahsambil menikmati kopi atau teh dan bercengkerama dengan keluarga adalah hal yang sangat menyenangkan. Hal ini dapat dilakukan dengan mendesain teras rumah Anda dengan sangat nyaman sehingga keharmonisan dan kehangatan rumah terasa. Desain teras sendiri harus diatur sedemikian rupa agar teras tidaklah terlalu sempit untuk digunakan. Biasanya, hal yang paling sering dilakukan adalah dengan menentukan furnitur apa yang akan di gunakan di teras rumah. Hanya saja, memilih furnitur untuk teras sendiri tidaklah mudah untuk dilakukan. Karena letak teras yang berada di luar rumah, maka furnitur yang dipilih haruslah memiliki ketahanan terhadap cuaca seperti panas, angin, hujan, dan debu. Selain itu, furnitur juga harus sesuai dengan ukuran teras dan kapasitas penghuni rumah. juga, harus memiliki desain yang cocok dengan konsep teras; apakah konsep rumahmurah, natural, atau modern. Untuk mempermudah Anda dalam memilih furnitur untuk teras rumah, berikut adalah panduan atas…