Langsung ke konten utama

Yuk Berburu Rumah Impian


Tumpukan flayer mengisi kereta bayi yang dibawa Andi, 31. Sambil berjongkok menunggu mobil jemputan ia merapikan beragam penawaran rumah dari sejumlah developer pada ajang Indonesia Properti Expo 2017 di Jakarta Convention Center (JCC). Di belakangnya, sang istri ditemani mertua menggendong putra mereka yang berumur 2 tahun.  

Sengaja datang ke Expo karena biasanya banyak tambahan diskon,” kata karyawan swasta yang tinggal di Depok itu.

Menurut Andi, ia sudah menikah selama 7 tahun. Selama ini ia tinggal di rumah mertua sedangkan kantornya di bilangan Jakarta Pusat. Seiring membaiknya karir yang berdampak pada peningkatan gaji, ia ingin mulai mandiri dengan tinggal di rumah sendiri.

Dari dulu kepikiran punya rumah sendiri. Namun ada kendala ekonomi. Makanya kami kumpulkan uang muka dulu,” katanya.

Andi mengatakan ia tengah mengincar rumah dengan kisaran harga Rp500 juta. Sedangkan lokasi yang diincar berada di kawasan Depok. Pasalnya sulit mencari rumah dengan harga maksimal Rp500 juta di Jakarta.

Sebelum datang ke pameran, ia sudah mengunjungi unit di lokasi perumahan. Selain itu ia juga sudah membicarakan proses KPR dengan  perbankan yang mungkin membiayai.

Diajukan developer ke beberapa bank, tapi kemungkinan dengan Bank Tabungan Negara. Prosesnya relatif lebih cepat.

Lain lagi cerita Karso, 51. Dalam kesempatan terpisah buruh tetap salah satu perusahaan cat di bilangan kawasan industri Cikarang itu malah tidak terbayang dapat memiliki rumah. Dengan latar pendidikan sekolah menengah pertama (SMP) ia harus puas dengan pendapatan di bawah Rp4 juta.

Beban Karso semakin berat karena setiap pekan ia harus mondar mandir ke Jakarta Barat tempat istri dan anak-anaknya mengontrak. Ia sendiri bersama beberapa buruh memilih mengontak rumah petak kecil di dekat pabrik. Karena mereka bekerja dalam sistem shift, rumah petak digunakan secara bergantian untuk istirahat.

Wah ndak ke bayang deh beli rumah. Akhirnya salah satu supervisor bilang coba datangi developer ini dan Bank BTN. Dengan uang pangkal Rp500.000 akhirnya booking rumah. Sisanya untuk biaya akad dicicil sampai setahun.

Ia mengatakan program bantuan kepemilikan rumah yang bekerjasama dengan Bank BTN itu sangat membantu keluarganya. Ia akhirnya mendapatkan rumah impian .  Satu tahun terakhir, seluruh anggota keluarganya termasuk sang cucu ia boyong ke rumah baru mereka di sekitar Kawasan Industri Cikarang.

Kebutuhan akan rumah di Indonesia sangat tinggi. Dalam Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019 kebutuhan rumah mencapai 13,5 juta unit. Setiap tahun juga terjadi penambahan kebutuhan sebanyak 800.000 unit. Sementara  pasokan rumah baru berkisar 400.000-500.000 unit setiap tahunnya.

Perbedaan kebutuhan dan pasokan rumah ini mengakibatkan kesenjangan di masyarakat semakin tinggi. Komitmen pemerintah melalui program 1 juta rumah diharapkan dapat memangkas masalah ini hingga setengahnya.

Maryono, Direktur Utama Bank BTN mengatakan pihaknya berkomitmen menjadi penyedia kredit perumahan bagi semua lapisan. Ia mencontohkan untuk kredit kepemilikan rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), Bank BTN dengan dukungan pemerintah hanya mensyaratkan DP1% dari harga rumah.

Selain itu perusahaan, katanya, menawarkan bunga murah sebesar 4,67% fixed 1 tahun untuk KPR Non-Subsidi, kemudian bunga 5% fixed untuk KPR Subsidi. Masyarakat pun dapat menikmati fasilitas uang muka mulai 5% untuk KPR Non-Subsidi dan 1% untuk KPR Subsidi. Kemudahan lain yang ditawarkan yakni jangka kredit hingga 25 tahun untuk KPR Non-Subsidi dan 20 tahun untuk KPR Subsidi.

Bagi lapisan masyarakat menengah, Bank BTN menawarkan beragam program kepemilikan mulai dari kepemilikan apartemen, kredit pembangunan rumah, kredit kepemilikan ruko. Perusahaan juga melaksanakan kredit pnyediaan rumah yang bekerjasama dengan  Bapetarum hingga BPJS Ketenagakerjaan.

Selain itu perusahaan tengah memacu pemanfaatan layanan digital untuk mempercepat pengucuran KPR dan merebut dana murah. Melalui program BTN Digital Solution, pihaknya kini menawarkan kemudahan pembukaan rekening hingga memantau proyek-proyek perumahan yang bekerjasama dengan Bank BTN. Ada juga layanan online melalui BTNProperti.co.id yang memberi kemudahan dalam pengurusan KPR.

Potensi di sektor properti tersebut akan Bank BTN manfaatkan untuk meningkatkan kredit sekaligus menambah pangsa pasar. Berbagai langkah akan dilakukan juga melalui berbagai transformasi yang telah dan akan digelar perseroan.

Dengan pola ini, Maryono optimis  jangkauan KPR BTN dapat melayani masyarakat lebih luas. Ia mengatakan perseroan menargetkan dapat menguasai pangsa pasar KPR hingga 40% pada 2019 dari saat ini mencapai 33,57%.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tampil Cantik dengan Perawatan Wajah dari Produk Cetaphil Indonesia

Bagi kaum hawa tampil cantik disejumlah acara adalah semua keinginan mereka. Karena penampilan adalah hal terpenting bagi sebagian kaum hawa. Berbagai macam masalah pada wajah membuat mereka menjadi kurang cantik sehingga tidak percaya diri. Seperti masalah timbulnya jerawat, wajah berminyak dan juga kulit wajah yang tidak merata. Untuk itu agar dapat tampil cantik maksimal, dibutuhkan beberapa rangkaian perawatan wajah. Salah satunya produk perawatan wajah dari cetaphil Indonesia.


Produk perawatan wajah dari cetaphil Indonesia memiliki sejumlah manfaat yang bisa digunakan untuk mengatasi sejumlah masalah di wajah. Produk ini bahkan aman digunakan untuk semua jenis usia dan berbagai macam jenis kulit. Bagi kalian pemilik kulit sensitive tenang saja, karena produk ini juga bisa kamu gunakan. Perawatan wajah yang paling mendasar adalah menggunakan pembersih wajah. Salah satu produk dari cetaphil Indonesia untuk perawatan wajah yang bisa kamu gunakan adalah cetaphil gentle skin cleanser. C…

Begini Cara Menghadirkan Kebun Di Unit Apartemen

Tinggal di apartemen di mana ketersediaan lahan kosong amat minim atau bahkan tidak ada sama sekali membuat sebagian pemilik apartemen Jakarta pusat. Bagi mereka yang gemar berkebun dan hobi menanam serta memelihara tanaman, tinggal di apartemen seharusnya tidak menjadi penghambat untuk menyalurkan hasrat berkebun mereka. Sebab, berkebun kini bisa di mana saja, termasuk berkebun di apartemen. Kamu bisa menanam sayuran, herbal, bunga, atau tanaman buah yang ukurannya kecil dan mudah dalam perawatan, seperti tomat. Ada beberapa cara berkebun di apartemen yang patut dipraktekkan bagi Kamu yang tinggal di apartemen. Tak peduli seberapa kecilnya ukuran apartemen Kamu, tips di bawah ini akan membantu Kamu  mengetahui cara berkebun di apartemen.
Perlengkapan dan bahan yang Kamu perlukan
Tanaman yang tak terlalu besar dan tidak tumbuh tinggiKontainer dan potBenihTanah organikPenyiram tanamanBalkon, patio, atau rooftop untuk meletakkan tanamanBerkebun di balkon apartemen atau patio Hampir setiap …

Benarkah HP Lenovo Cepat Panas? Kalau Ya, Bagaimana Solusinya?

Banyak yang bilang kalau HP Lenovo itu cepat panas padahal menurut mereka, mereka tidak menginstal banyak aplikasi! Benarkah HP Lenovo cepat panas? Bisa jadi itu cuma omongan orang! Sebenarnya, jika ditanya demikian, jawaban yang ada adalah bisa iya, bisa juga tidak. Penyebab HP Lenovo Cepat Panas Sebenarnya, ini tidak berlaku pada handphone Lenovo saja. Semua jenis smartphone bisa mengalami cepat panas. Biasanya, itu terjadi karena pemakaian yang salah atau terlalu banyak aplikasi yang Anda instal. Salah satu penyebab yang paling umum adalah penggunaan smartphone yang tidak wajar. Maksudnya, Anda menggunakannya secara terus-terusan entah itu untuk chatting, streaming video, main game dan lainnya tanpa adanya istirahat. Penyebab yang lainnya bisa terjadi karena banyaknya aplikasi yang Anda instal. Android memang menawarkan banyak aplikasi gratis di playstor-nya, tapi Anda tak boleh menginstal terlalu banyak di ponsel Anda. Menginstal aplikasi terlalu banyak dapat menyebabkan memori pen…