Langsung ke konten utama

Kenali Gejala Asam Lambung


Gejala asam lambung atau atau  gastroesophageal reflux disease (GERD)  tak jarang dirasakan orang-orang saat menjalankan ibadah puasa. Karena itu, agar ibadah bisa maksimal, perlu diketahui gejala dan cara mengatasi asam lambung tersebut.

Gejala khas dari GERD dapat berupa rasa panas di dada seperti terbakar dan ada sesuatu yang balik arah seperti ada yang mengganjal, atau disebut juga sebagai heartburn. Namun, kriteria GERD yang berbeda telah dipublikasikan dari seluruh dunia termasuk di Asia, dengan frekuensi gejala yang berbeda, dari seminggu sekali sampai bahkan setahun sekali. Selain itu, belum ada konsensus yang yang membedakan GERD dari dyspepsia (nyeri pada dada).

Heartburn yang berhubungan dengan GERD biasanya dialami setelah makan. Ada juga gejala GERD  lainnya termasuk suara serak, radang tenggorokan, batuk kering kronis, terutama pada malam hari.

Mengatasi GERD, menurut Konsultan Penyakit Lambung dan Pencernaan, Ari Fahrial Syam mengatakan, penanganan penderita GERD pada prinsipnya adalah menghilangkan gejala dan mencegah komplikasi. Hal ini dapat dilakukan melalui intervensi non-medis atau perubahan gaya hidup, atau bila perlu, melalui intervensi medis.

Pasien GERD disarankan untuk tidak mengonsumsi daging secara berlebihan dalam waktu singkat, dan lebih baik meningkatkan konsumsi buah dan sayuran. Mereka juga disarankan untuk tidak mengonsumsi daging dan jeroan pada saat yang bersamaan, dan tidak makan makanan yang terlalu pedas atau asam.

Selain itu, pasien juga harus menghindari tidur dua jam setelah makan, karena bisa menyebabkan refluks asam lambung. Pasien GERD harus mengurangi kopi, alkohol dan soda yang akan memperburuk kondisi mereka. Selain itu, menghindari stres dan mengendalikan berat badan hingga mencapai indeks massa tubuh ideal (IMT) juga penting.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tampil Cantik dengan Perawatan Wajah dari Produk Cetaphil Indonesia

Bagi kaum hawa tampil cantik disejumlah acara adalah semua keinginan mereka. Karena penampilan adalah hal terpenting bagi sebagian kaum hawa. Berbagai macam masalah pada wajah membuat mereka menjadi kurang cantik sehingga tidak percaya diri. Seperti masalah timbulnya jerawat, wajah berminyak dan juga kulit wajah yang tidak merata. Untuk itu agar dapat tampil cantik maksimal, dibutuhkan beberapa rangkaian perawatan wajah. Salah satunya produk perawatan wajah dari cetaphil Indonesia.


Produk perawatan wajah dari cetaphil Indonesia memiliki sejumlah manfaat yang bisa digunakan untuk mengatasi sejumlah masalah di wajah. Produk ini bahkan aman digunakan untuk semua jenis usia dan berbagai macam jenis kulit. Bagi kalian pemilik kulit sensitive tenang saja, karena produk ini juga bisa kamu gunakan. Perawatan wajah yang paling mendasar adalah menggunakan pembersih wajah. Salah satu produk dari cetaphil Indonesia untuk perawatan wajah yang bisa kamu gunakan adalah cetaphil gentle skin cleanser. C…

Begini Cara Menghadirkan Kebun Di Unit Apartemen

Tinggal di apartemen di mana ketersediaan lahan kosong amat minim atau bahkan tidak ada sama sekali membuat sebagian pemilik apartemen Jakarta pusat. Bagi mereka yang gemar berkebun dan hobi menanam serta memelihara tanaman, tinggal di apartemen seharusnya tidak menjadi penghambat untuk menyalurkan hasrat berkebun mereka. Sebab, berkebun kini bisa di mana saja, termasuk berkebun di apartemen. Kamu bisa menanam sayuran, herbal, bunga, atau tanaman buah yang ukurannya kecil dan mudah dalam perawatan, seperti tomat. Ada beberapa cara berkebun di apartemen yang patut dipraktekkan bagi Kamu yang tinggal di apartemen. Tak peduli seberapa kecilnya ukuran apartemen Kamu, tips di bawah ini akan membantu Kamu  mengetahui cara berkebun di apartemen.
Perlengkapan dan bahan yang Kamu perlukan
Tanaman yang tak terlalu besar dan tidak tumbuh tinggiKontainer dan potBenihTanah organikPenyiram tanamanBalkon, patio, atau rooftop untuk meletakkan tanamanBerkebun di balkon apartemen atau patio Hampir setiap …

Benarkah HP Lenovo Cepat Panas? Kalau Ya, Bagaimana Solusinya?

Banyak yang bilang kalau HP Lenovo itu cepat panas padahal menurut mereka, mereka tidak menginstal banyak aplikasi! Benarkah HP Lenovo cepat panas? Bisa jadi itu cuma omongan orang! Sebenarnya, jika ditanya demikian, jawaban yang ada adalah bisa iya, bisa juga tidak. Penyebab HP Lenovo Cepat Panas Sebenarnya, ini tidak berlaku pada handphone Lenovo saja. Semua jenis smartphone bisa mengalami cepat panas. Biasanya, itu terjadi karena pemakaian yang salah atau terlalu banyak aplikasi yang Anda instal. Salah satu penyebab yang paling umum adalah penggunaan smartphone yang tidak wajar. Maksudnya, Anda menggunakannya secara terus-terusan entah itu untuk chatting, streaming video, main game dan lainnya tanpa adanya istirahat. Penyebab yang lainnya bisa terjadi karena banyaknya aplikasi yang Anda instal. Android memang menawarkan banyak aplikasi gratis di playstor-nya, tapi Anda tak boleh menginstal terlalu banyak di ponsel Anda. Menginstal aplikasi terlalu banyak dapat menyebabkan memori pen…